SID: Kami Dapat Fans Baru

Empat grup yang sudah punya nama--Lifehouse dari AS dan Rivermaya dari Filipina serta Superman is Dead atau SID dari Bali dan Pure Saturday dari Bandung--telah menghibur kira-kira 3.000 penonton berusia 21 tahun dalam konser perayaan Arthur's Day di Jakarta pada 4 Desember 2010 malam. Sebagian besar dari pemegang tiket Rp 250.000 itu menanti Lifehouse dan Rivermaya. Tapi, bukan berarti grup-grup dalam negeri SID dan Pure Saturday tak mampu "menaklukkan medan" malam itu.

Arthur's Day, 24 September, merupakan peringatan dan perayaan mengenai eksistensi Arthur Guinnes (1725-1803) dan para pewarisnya sebagai pengusaha bir Guinness sekaligus dermawan melalui Arthur Guinness Fund. Peringatan dan perayaan itu diadakan untuk pertama kali pada 24 September 2009, 250 tahun setelah pada 1759 Arthur menandatangani kontrak di St James' Gate Brewery, Dublin, yang menandai lahirnya perusahaan bir Guinness.

Pada 24 September 2010, mulai pukul 17.59 waktu setempat (merujuk ke tahun 1759), peringatan dan perayaan tersebut digelar di Dublin, Chicago (AS), dan Kuala Lumpur (Malaysia). Sabtu (4/12/2010), mulai pukul 17.59 WIB, acara itu diselenggarakan di Oval Plaza, Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta. Jakarta menjadi kota terakhir.

Tontonan musik menjadi penarik publik untuk ambil bagian dalam acara tersebut. Sambil melangkah masuk ke tempat acara itu mulai pukul 16.00 WIB, para penonton dihibur oleh B'Boy dan Beat Box Break Dance di Performance Area.

Setelah itu, Mini Stage di dalam gedung menjadi tempat beraksi delapan dari 10 finalis lomba band Bold Chemistry, yang telah diadakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar oleh perusahaan bir tersebut. Kedelapan grup itu adalah Sister Morphin dan Medium (Yogyakarta); Tricks (Bandung); Artikel dan Bluemint (Medan); dan Brown Band, Chalysta, dan Small Band (Makassa). Pendaftaran para peserta hingga penjurian final kontes tersebut berlangsung pada 2009-2010.

Di Mini Stage pula, pada pukul 17.59 WIB dimulai acara peluncuran album kompilasi dengan format CD yang berisi 10 lagu karya sendiri dari 10 finalis Bold Chemistry tersebut. Musik mereka beragam--dari pop rock hingga yang nge-blues. Acara peluncuran album itu juga menandai dimulainya acara Arthur's Day 2010.

Dua grup lagi, yaitu Kalih (Yogyakarta), yang menjadi Juara I Bold Chemistry, dan Cola Float, Juara II, tampil masing-masing selama 15 menit di Main Stage sebelum Pure Saturday manggung mulai kira-kira pukul 19.15 WIB selama 45 menit.

Pure Saturday--terdiri dari Muhammad Suar Nasution (vokal dan gitar), Aditya Ardinugraha (gitar), Arief Hamdani (gitar), Ade Purnama (bas), dan Yudistira Ardinugraha (drum)--menyajikan lagu-lagu lama dan baru. Mereka juga menghadirkan Olla Zein, vokalis dan pemain keyboard tamu untuk satu lagu.

Sesudah Pure Saturday, SID, yang terdiri dari Bobby Kool atau I Made Putra Budi Sartika (vokal dan gitar), Eka Rock (bas dan vokal), dan Jerinx (Jrx) atau I Gede Ari Astina (drum), dengan punk rock yang keras dan kencang, menyuguhkan lagu-lagu antara lain "Luka Indonesia", "Saint of My Life", "Kuat Kita Bersinar", dan "Jika Kami Bersama". Di awal lagu "Jika Kami Bersama", SID memasukkan lagu "Kemesraan", karya Franky Sahilatua dan Johny Sahilatua.

Lagu kalem mereka dalam 45 menit itu hanya satu--"Lady Rose". Lagu tersebut dibawakan oleh Jrx dengan bernyanyi dan bergitar, didukung oleh seorang rekan bermusiknya dari Bali.

Dari kira-kira 3.000 penonton konser Arthur's Day, sebagian besar merupakan fans Rivermaya dan Lifehouse. Sambutan mereka amat hangat kepada dua band luar negeri itu. Mereka sangat bersemangat ikut bernyanyi, berjingkrak, bertepuk tangan, dan menjerit histeris.

Sebaliknya, hanya sebagian kecil penonton yang memang penggemar Pure Saturday dan SID. Namun, dua grup Tanah Air tersebut tetap saja bisa "menaklukkan medan", meskipun sambutan bagi mereka tak seheboh kepada Rivermaya dan Lifehouse.

Melihat kebanyakan penonton kalem pada awal pertunjukan SID, Eka menyemangati mereka. Dari pentas Eka berseru bahwa mereka tergolong penonton yang tidak biasa, kelewat kalem, untuk sebuah konser SID. "Padahal, kalian peminum bir kan," lanjut Eka, dengan canda, mengingat konser tersebut digelar oleh perusahaan bir.

Sebagian dari mereka kemudian mulai turut berjingkrak dan bertepuk tangan. "Sepertinya SID banyak dapat fan baru malam ini," kata Jrx dalam SMS yang dikirimnya kepada Kompas.com sehabis manggung.

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2010/12/05/17062478/SID.Kami.Dapat.Fans.Baru
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2011. All About Superman Is Dead - Blog Fans SID. Some rights reserved. Template Design by Nugikkool