SID Dukung Masyarakat Bali Terbangkan Layang-Layang Tolak BIP

Pembangunan Bali International Park (BIP) terus dicegah masyarakat Bali. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Bali, Frontier-Bali (Front Demokrasi Perjuangan Rakyat) dan didukung oleh solidaritas dari aktivis Blogger dan musisi Superman is Dead menggelar aksi ‘Layang-Layang Tolak BIP’ hari ini.

Tujuan aksi yakni mempertegas penolakan terhadap BIP. “Proyek ini sudah terbukti melanggar peraturan agraria dan membebani daya dukung ekologis Bali yang sudah semakin rapuh”, ujar Sekretaris Jendral Front Demokrasi Perjuangan Rakyat, Haris, yang menjadi koordinator aksi, Jumat (19/8).

Massa menerbangkan layang-layang di Lapangan Renon depan kantor Gubernur Bali. Layang-layang berukuran 2 meter bergambar Raksasa Kalarawu memakan bulan bergambar pulau Bali dan ekor sepanjang 11 meter bertuliskan “TOLAK BIP”.

BIP rencananya dibangun untuk penyelenggaraan KTT APEC XXI November 2013 di Bali. Proyek ini didasari Surat Keputusan Menteri Budaya dan Pariwisata, Jero Wacik tentang penugasan, tempat dan pembangunan sarana. Keputusan Menteri menunjuk PT Jimbaran Hijau sebagai pengembang proyek.

Padahal, terdapat Bali International Convention Center (BICC) di Nusa Dua, tercatat sebagai tempat Konferensi Perubahan Iklim PBB 2007 diikuti 12.000 orang dari perwakilan 189 negara termasuk LSM internasional dan wartawan. Hal ini melebihi estimasi jumlah peserta KTT APEC sebanyak 10.000 orang.

“Demi BIP, demi APEC, demi martabat bangsa dan negara, lingkungan hidup Bali dikorbankan, ketidakadilan lingkungan terjadi dan petani harus meringis kehilangan haknya” tegas Haris dalam Aksi Teater “Investor Caplok Tanah Bali” di depan kantor Gubernur Bali, Rabu (10/8). 

sumber: http://www.pedomannews.com/nasional/berita-nasional/sosial-budaya/6695-sid-dukung-masyarakat-bali-terbangkan-layang-layang-tolak-bip
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2011. All About Superman Is Dead - Blog Fans SID. Some rights reserved. Template Design by Nugikkool