Superman is Dead Tolak Megaproyek KTT APEC di Jimbaran

Selain aktivis lingkungan dan mahasiswa, penolakan terhadap rencana pembangunan sarana KTT APEC bernama Bali International Park (BIP) seluas 250 hektare di Jimbaran, Bali, pun datang dari musisi, seperti Superman is Dead (Jerinx, Bobbykool, dan Ekarock).

"Sebenarnya sebagai musisi kami tidak ingin jika lingkungan Bali itu rusak karena pembangunan. Sikap kami jelas terkait BIP, yakni menolak karena bisa berakibat fatal terhadap lingkungan hidup Bali," ujar Jerinx, penggebuk drum Superman is Dead.

BIP sendiri merupakan megaproyek yang menambah beban lingkungan dengan rencana awal pembangunannya berupa 23 wisma presiden, hotel dengan 200 kamar, convention hall.

Berdasarkan perhitungan Walhi Bali, kebutuhan rata-rata air bersih untuk bangunan awal BIP adalah minimal 669.000 liter air bersih per harinya.

Hal ini setara dengan kebutuhan sekitar 4.500 orang penduduk di Kuta Selatan atau setara dengan 669 KK penduduk Bali.

Jumlah tersebut belum terhitung kebutuhan air dalam proses pembangunan fasilitas pelengkap BIP lainnya.

Belum lagi persoalan limbah dan sampah yang dihasilkan sehingga bisa dipastikan akan menambah beban lingkungan yang makin menumpuk.

"Selama belum ada solusi untuk berbagai masalah yang ditimbulkan dari dampak pembangunan tersebut, BIP tetap akan menjadi perlawanan bersama para seniman, musisi yang ada di Bali," ujarnya.

sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/20/252572/290/101/Superman-is-Dead-Tolak-Megaproyek-KTT-APEC-di-Jimbaran
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2011. All About Superman Is Dead - Blog Fans SID. Some rights reserved. Template Design by Nugikkool