[Catatan Jerinx] - Kampanye Anti CD Bajakan Hanya Untuk Kepentingan Musisi?

Pertanyaan ini sudah lama memenuhi rongga pikiran saya, kadang saya pikir terlalu klise, hipokrit dan predictable jika musisi berteriak diatas panggung "Beli CD kami yang asli ya, jangan beli yang bajakan!" Dalam hati saya berkata "Ya ya ya, kamu pikir kamu siapa berteriak-teriak seperti itu di negara yang 99% penduduknya masih hidup dibawah garis kemiskinan ini"

Tapi setelah melalui beberapa peristiwa dan proses pemikiran, saya menemukan alur menarik yang menghubungkan kebutuhan intelektual si pendengar musik dengan keaslian CD yang dimilikinya. Walaupun standar ini tidak bisa diterapkan disemua jenis band/genre di Indonesia -karena terbukti banyak juga band/genre yang tidak peduli dan hanya mengharapkan hasil dari RBT- namun standar ini sangat relevan dengan movement band/genre yang memiliki semangat untuk merubah sesuatu.
And here's what I came up with:

1. Dengan memiliki CD original, pendengar bisa menikmati artwork CD secara utuh. Artwork adalah representasi. Bagaikan lirik lagu ia mewakili setiap jengkal sikap, konsep, idealisme, fashion statement dan isi hati band yang bersangkutan. Dan ini penting bagi pendengar untuk mengetahui secara intelektual dimanakah band kesukaannya berdiri.

2. CD original memiliki konten informasi yang lengkap tentang lirik, pencipta lagu dan musisi/seniman lain yang terlibat didalamnya. Ini penting karena, it's very basic, jika kamu menyukai sesuatu, kamu harus tahu kenapa kamu menyukainya.

Tidak semua band memiliki formula yang sama dalam proses mencipta/berkesenian, dan dengan adanya tampilan visual yang kuat + informasi yang lengkap, kalian akan mampu mengenali, mencintai dan menghargai sebuah band dengan seimbang sebagaimana layaknya mereka dihargai.

Contoh kasus, misalnya ada satu orang, entah vokalis/bassist/drummer yang menonjol di band-nya, kebanyakan pasti berasumsi dialah dari otak band-nya. Padahal kenyataannya tidak selalu begitu. Dan dengan informasi didalam CD original, kalian bisa mendapatkan kebenaran yang sudah merupakan hak intelektual kalian dan tidak perlu lagi merengek-rengek minta dikirimkan lirik lagu lewat Facebook.


Cheers!


Jrx
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2011. All About Superman Is Dead - Blog Fans SID. Some rights reserved. Template Design by Nugikkool