[Catatan Jerinx] - SID supports World Silent Day

World Silent Day (WSD) atau Hari Hening Dunia adalah gerakan masyarakat secara kolektif untuk membantu mengatasi perubahan iklim melalui kearifan tradisional.
MENGAPA?
Salah satu warisan kearifan tradisional Indonesia adalah falsafah Trihitakarana dari Bali yang mengatur hubungan selaras antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lain dan manusia dengan alam. Hal ini dapat menjadi dasar untuk pembangunan berkelanjutan. Salah satu implementasi praktis dari Trihitakarana adalah Nyepi atau Hari Hening yang berlangsung selama 24 jam di Bali setiap tahun baru Saka.

Selama Nyepi, diperkirakan penurunan emisi CO2 di Bali mencapai paling sedikit 20 ribu ton karena kendaraan bermotor, mobil dan pesawat terbang berhenti beroperasi.

Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim (Kolaborasi) meluncurkan “Bhisama Bali” (Deklarasi Bali) Tentang Nyepi (Hari Hening) untuk Bumi, dengan maksud:
1. Agar delegasi Konferensi Perubahan Iklim PBB menyepakati Bali Roadmap yang menekankan pada keadilan iklim; menerapkan secara efektif komitmen dari negara maju untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta mengubah pola konsumsi dan produksi menjadi lebih ramah lingkungan di seluruh dunia;

2. Agar umat manusia dapat belajar dari Bali dengan menentukan 21 Maret sebagai Hari Hening, dimana setiap orang dapat berpartisipasi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan mengurangi semua aktivitas dan konsumsi energi selama satu hari. Hal ini adalah cara yang nyata dan mudah. Kami menganjurkan PBB melalui UNFCCC menetapkan Hari Hening dimulai secara bertahap pada Maret 2008 dan diterapkan penuh pada Maret 2010.
DIMANA
Setiap orang, diseluruh dunia dapat berpartisipasi. Ini adalah kampanye di seluruh dunia untuk bumi kita.

KAPAN?
Pada setiap tanggal 21 Maret , jam 10.00 – 14.00.
21 Maret dipilih karena saat itu matahari ada pada titik vernal equinox dan akan bergerak dari khatulistiwa menuju utara. Hal ini sebagai simbol peralihan menuju kehidupan baru. Keesokan harinya pada 22 Maret dilanjutkan dengan penghargaan terhadap air yaitu Hari Air Sedunia.

BAGAIMANA?
Mengurangi aktivitas; mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan energi.

Kami meminta masyarakat untuk MEMATIKAN beberapa PERALATAN ELEKTRONIK (komputer, AC, TV, radio, telepon genggam, beberapa lampu dsb) pada 21 MARET SELAMA HANYA 4 JAM, Jam 10.00 – 14.00!!

SOLIDARITAS 21
Angka 21 adalah kekuatan
Menurut Feng Shui bila angka 2 dan 1 dijumlahkan, hasilnya = 3 yang berarti KEHIDUPAN, KESEIMBANGAN dan KEKUATAN ALAM. Dalam Bahasa Inggris, 2 dan 1 adalah Two dan One, bisa berarti “to one”-menuju satu titik-sebuah solidaritas untuk Bumi. Angka 21 juga angka hari hening Sedunia atau World Silent Day (WSD) pada 21 Maret (bulan ke-3), sebuah kampanye masyarakat untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global/perubahan iklim.
Angka 21 adalah kekuatan dan keajaiban, bagi bumi beserta isinya.
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright © 2011. All About Superman Is Dead - Blog Fans SID. Some rights reserved. Template Design by Nugikkool